Karyawan merupakan asset yang terpenting bagi suatu perusahaan, untuk itu biasanya memiliki divisi atau bagian yang khusus menangani masalah manajemen karyawan (pegawai), yaitu HRD (Human Resource and Development). Fungsi divisi ini menangani permasalahan manajemen karyawan mulai dari perekrutan, penempatan, evaluasi kerja, absensi, dan sebagainya yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan mengenai karyawan tersebut.
Pengelolaan SDM biasanya membutuhkan data dan informasi yang tepat, cepat dan akurat, untuk ini dibutuhkan suatu pengelolaan data karyawan yang terintegrasi.

FUNGSI HRIS

Personnel Administration
- Recruitment Management
- Personnel Information Management
- Benefit Management
- Time Management
- Payroll Administration
Personnel Development
- Apprasial System
Training and Event Management
Travel Management

Recruitment Management
membantu pengambil keputusan dalam memilih karyawan yang memenuhi kebutuhan perusahaan. Dimulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja, pembuatan lowongan kerja, pemasangan iklan, seleksi pelamar, pengangkatan pelamar menjadi karyawan dan penempatannya pada jabatan dan pekerjaan yang sesuai.

hris

Personnel Information Management
Secara lengkap menangani informasi karyawan, seperti data personal, posisi dalam organisasi, data penggajian, profil waktu kerja, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan data pengembangan karyawan. Dengan mudah dapat mengatur struktur organisasi perusahaan menggunakan model hirarki, menangani jabatan dan pekerjaan rangkap, dan mampu menampilkan histori penempatan karyawan dalam organisasi.


hris2

Benefit Management
memberikan kemampuan dan fleksibelitas untuk secara efektif mengatur program kesejahteraan karyawan, seperti klaim pengobatan, pinjaman dan program kepemilikan (misalnya: mobil, rumah, dll). Batasan klaim dapat dikontrol selama proses transaksi dengan menerapkan quota umum dan individu pada setiap klaim yang diajukan oleh karyawan.


hris3